Fungsi Hormon Estrogen – Kelebihan Kekurangan Dosis Dan Efek Sampingnya

Fungsi Hormon Estrogen itu Untuk Apa ? Yuk Baca Detail Kelebihan, Kekurangan, Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan Pria Maupun Wanita Bersama Dokterdiet.net.Net

Fungsi Hormon Estrogen - Kelebihan Kekurangan Dosis Dan Efek Sampingnya Bagi Pria WanitaPernahkah Anda mengatahui tentang hormon estrogen atau sekedar mendengarnya? Ya, Estrogen merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh wanita guna mengatur segala aktivitas tubuh yang hanya dimiliki oleh wanita saja. Kadar Estrogen di dalam tubuh dapat berkurang, terutama setelah seorang wanita mengalami menopause (berhenti menstruasi). Gejala yang ditimbulkan oleh kurangnya hormon Estrogen di dalam tubuh diantaranya jantung berdebar, rasa panas, kekeringan pada vagina dan juga produksi keringat berlebih.

Wanita yang kekurangan hormon Estrogen dapat menjalani terapi hormon. Hal ini  bertujuan agar tubuh tetap mendapatkan hormon estrogen yang diperlukan dan juga untuk mencegah osteoporosis pada wanita. Untuk wanita yang masih memiliki rahim, akan dilakukan terapi kombinasi yaitu hormon Estrogen dan hormon Progestogen. Sedangkan untuk wanita yang rahimnya telah diangkat hanya akan dilakukan terapi hormon Estrogen saja.


Estrogen merupakan jenis obat hormon sintetis. Estrogen merupakan obat resep, jadi Andaharus memiliki resep dokter untuk bisa membeli Estrogen di apotek atau toko obat. Estrogen bermanfaat untuk terapi penggantian hormon bagi wanita yang kekurangan Estrogen dalam tubuhnya. Estrogen sintetis tersedia dalam bentuk koyo, salep dan tablet yang hanya boleh digunakan oleh orang dewasa.

Peringatan sebelum menggunakan Hormon Estrogen

1. Hindari Estrogen bagi wanita hamil dan menyusui untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan.
2. Jika Anda menderita sakit kepala, migrain, pendarahan pada vagina, porfiria, masalah pada rahim, hipertensi, lupus, batu empedu, epilepsi, diabetes, asma, gangguan hati, ginjal, gangguan penggumpalan darah, mengalami terapi hormon tiroid, kanker payudara, rahim atau Anda telah berusia 60 tahun atau lebih sebaiknya berhati – hati ketika Anda akan menjalani terapi Estrogen.
3. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu sebelum Anda berencana untuk berhenti mengkonsumsi Estrogen.
4. Sebelum Anda mendapatkan penanganan medis, beritahu dokter bahwa Anda mengkonsumsi Estrogen.
5. Segera temui dokter jika Anda mengalmi overdosis atau alergi setelah mengkonsumsi Estrogen.

Nah Untuk Lebih Jelasnya Silakan Baca Detail Dosis Dan Efek Samping Dari Hormon Estrogen ini

Info Kesehatan Lain Terkait : Fungsi Hormon Estrogen – Kelebihan Kekurangan Dosis Dan Efek Sampingnya

obat estrogen